Resep Sayur Bening Bayam



Sayur bening adalah sayur yang berisi bayam atau kangkung dengan kuah bening seperti namanya.
Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Bayam memiliki kandungan vitamin B yang berguna untuk membentuk sel darah merah, selain itu bayam juga banyak mengandung mineral seperti folat, kalium, mangan, magnesium, dan kalsium. Bayam juga kaya akan serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh kita.

Sayur bening bayam juga biasanya dihidangkan untuk orang yang sedang dalam konsisi kurang enak badan atau sakit karena supaya mudah memakan nasi yang dicampur dengan kuah sayur bayam.

Dalam pembuatannya, sayur bayam bisa polosan (bayam saja) atau dicampur jenis sayuran lain. Bahan-bahan sayur lain yang digunakan untuk sayur bening bayam biasanya; jagung, wortel, labu kuning, atau ubi. Variasi berbagai sayuran di dalam sayur bening memberikan rasa segar dan kaya akan nilai gizi.

Jika dimasak bersama sayur lain yang cenderung keras, maka didahulukan sayuran keras tersebut misalnya wortel, labu, ubi, jagung, dan sebagainya. Tunggu sampai sedikit empuk baru masukkan daun bayam. Hal ini supaya masak sayur bening bayam tidak terlalu lama dan malah membuat daun bayam menjadi hancur. Berikut adalah resep sayur bening bayam:

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sayur Bening Bayam

300 gram bayam/kangkung
7 butir bawang merah, iris kasar memanjang
½ buah tomat, iris enam, wortel
2 lembar daun salam
500 ml kaldu daging
secukupnya Garam
1 bh Jagung (jagung khusus sayur/ jagung manis)

Cara Membuat Sayur Bening Bayam


  1. Cuci bersih bayam/kangkung dan ambil daun yang muda
  2. Didihkan kaldu daging
  3. Masukkan bawang merah, jagung manis daun salam dan garam.
  4. Masukkan bayam/kangkung hingga setengah matang
  5. Tambahkan tomat, aduk sebentar dan angkat.
  6. Hidangkan dengan sambal goreng.
Itulah tadi resep sayur bening bayam. Sayur bening sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat dan sambal, tidak lupa pula bersama kerupuk dan lauk ikan asin. Penting untuk diketahui, sayur bayam hendaknya jangan sampai didiamkan berlama-lama setelah dimasak, karena akan menyebabkan kita mnejadi mengantuk dan lemas. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat pada bayam akan masuk ke tubuh dan mengikat oksigen dalam darah, hal tersebut yang membuat kita lemas. 
Previous Post Next Post