Resep Nasi Pecel Jawa Timur

Nasi Pecel Jawa Timur

Kamu pasti pernah ngerasain makanan yang dinamakan nasi pecel? Nasi pecel adalah nasi yang diberi topping sayur-sayuran serta lauk-pauk dan kemudian disiram dengan bumbu pecel. Bumbu pecel yang digunakan biasanya adalah bumbu kacang.

Di berbagai kota setidaknya minimal pasti ditemukan satu warung yang menjual nasi pecel, apalagi di kota-kota pulau Jawa. Ada beberapa kota yang mengklaim sebagai kota penghasil pecel, di antaranya Ponorogo, Madiun, Tulungagung, Nganjuk dan Kediri. Berikut ini adalah resep Pecel Jawa Timur.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Pecel Jawa Timur

10 buah Kacang panjang
1 ikat Daun singkong
200 gr Tauge
1 buah Timun
5 buah Tahu
1 papan Tempe dimensi sedang
Seperlunya Minyak goreng

Bumbu pecel:

350 gr Kacang tanah goreng
1 siung Bawang putih
3 lembar Daun jeruk iris halus
1 sendok makan Air asem jawa
3 sendok makan Gula merah iris
seperlunya Garam
300 ml Air matang
5 buah Cabe rawit
1/ 2 sendok teh Terasi
1/ 2 cm Kencur

Cara Membuat Pecel Jawa Timur

  1. Rebus kacang panjang dan daun singkong bergantian, angkat dan tiriskan, potong agak kecil. Siram tauge dgn air panas, tiriskan. Kupas timun dan belah 4, iris tipis-tipis.
  2. Tuang minyak goreng diwajan dan goreng tahu dan tempe sampai matang. Tiriskan dan potong-potong sesuai selera. 
  3. Blender semua bahan bumbu kacang (kecuali daun jeruk) sampai halus. Setelah halus tambahkan daun jeruk yg sudah diiris halus, aduk rata.
  4. Tata sayuran, tempe dan tahu dipiring, siram dgn bumbu kacang. Siap disajikan
Itulah tadi resep Nasi Pecel Jawa Timur. Pecel umumnya dijadikan makan pagi serta makan siang. Hidangan ini sangat cocok bagi penggemar vegetarian dan yang sedang menjalankan program diet karena pecel biasanya tanpa daging. Biasannya nasi pecel ditemani peyek kacang atau peyek udang dan telur. 

Umumnya sayuran yang digunakan untuk bahan pecel didapat dari pekarangan rumah dan pinggir sawah. Sayur pecel yang disiram dengan bumbu kacang sangat nikmat dan mempunyai cita rasa manis, asam, pedas, serta gurih.
Previous Post Next Post