Resep Tempe Bacem, Kuliner Asli Tanah Jawa

Tempeh

Kata "membacem", menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya merendam (tahu, tempe atau makanan lainnya) dengan bumbu dan merebusnya dalam tempat yang tertutup sampai airnya habis. Kata Bacem berarti sudah merupakan bentuk kata kerja dan bukan lagi sekedar makanan. Teknik ini memang berasal dari tanah Jawa tepatnya Jawa Tengah dan sekitarnya.

Asal mulanya yaitu konon pada saat abad ke 19, masyarakat Jawa berfikir untuk mendapatkan makanan yang murah dan mudah didapat, sedangkan pada saat itu bahan makanan yang mudah didapat salah satunya gula. Karena sedang terjadi tanam paksa tebu. Selain itu ketumbar juga saat itu sangat mudah untuk didapat. Teknik yang simpel dan bahan yang tidak terlalu kompleks kemudian melahirkan teknik membacem ini. 

Sampai saat ini teknik bacem sudah dikenal luas di seluruh Indonesia dan bisa diaplikasikan ke berbagai bahan masakan seperti tahu atau telur (umumnya).

Bahan-Bahan Untuk Membuat Tempe Bacem, Kuliner Asli Tanah Jawa

400 gr tempe/tahu, potong sesuai selera
800 ml air kelapa (atau sekitar 3 gelas)
100 gr gula merah
2 sdm kecap manis
1 lembar daun salam
1/2 sdt garam
secukupnya minyak

Bumbu yang dihaluskan :

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdm ketumbar
3 btg serai (ambil putihnya), memarkan
1 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuat Tempe Bacem, Kuliner Asli Tanah Jawa

  1. Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar), memarkan lengkuas dan serai
  2. Tumis semua bumbu yang dihaluskan berserta lengkuas dan serai
  3. Masukkan tempe bersama air kelapa, gula merah, kecap manis, daun salam, dan garam ungkep hingga meresap (sampai air untuk ungkepan habis), gunakan api kecil sambil sesekali diaduk
  4. Setelah itu goreng tempe sampai agak kecoklatan, lalu angkat
  5. Tempe bacem siap disajikan
Resep ini dari : olahan berbagai sumber (edit)

Itulah tadi resep tempe bacem, kuliner asli tanah Jawa. Tentunya kalian sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini dan cukup mudah untuk membuatnya. Selamat memasak :)
Previous Post Next Post