Resep Sambal Raja Khas Kutai

Sambal Raja Khas Kutai

Sambal Raja atau disebut juga sambal Kutai merupakan sambal terasi dengan campuran air jeruk. Air jeruk menjadikan sambal ini beraroma harum yang sedap dan memiliki rasa asam yang tidak terlalu pekat. Irisan cabai yang sebelumnya telah dibersihkan bijinya membuat sambal ini terlihat bersih dan "mulus". Tanpa laukpun, sambal ini tetap nikmat ketika disantap dengan nasi putih hangat.

Sambal Raja khas Kutai dahulu merupakan pendamping makanan Raja-raja Kutai. Salah satu keunikannya yaitu ada campuran air jeruk limau dan biasanya disantap bersama dengan "Nasi Bakepor". Rasa yang dihasilkan dari kombinasi bahan-bahannya cenderung asam, sedikit manis, dan tidak terlalu pedas. Saat ini sambal ini sudah sangat merakyat, tidak hanya para Raja saja yang bisa menikmati sambal ini. Namun sambal ini sudah jarang ditemui kecuali ada acara-acara istimewa yang digelar masyarakat.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sambal Raja Khas Kutai

5-6 helai kacang panjang, potong-potong 1 cm
1 buah terong ungu, potong dadu kecil
10 siung bawang merah, belah 4
2 butir telur ayam, rebus, potong-potong
3 sdm minyak sayur

Bumbu yang dihaluskan :
10 buah cabe merah besar
10 buah cabe rawit
1 buah jeruk limau
secukupnya terasi
secukupnya gula dan garam

Cara Membuat Sambal Raja Khas Kutai

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Panaskan minyak, kemudian goreng sebentar kacang panjang, bawang merah, dan terong. angkat, sisihkan
  3. Haluskan cabe, garam, gula, dan terasi, lalu tambahkan perasan jeruk limau. Tumis semua bumbu yang dihaluskan sampai aroma harum tercium, angkat tiriskan
  4. Parut kulit jeruk limau yang airnya sudah diperas, campurkan dengan bumbu yang sudah ditumis, tambahkan kacang panjang dan terong serta telur rebus di sekeliling sambal
  5. Sambal Raja Khas Kutai siap dinikmati
Resep ini dari : Ibu Ainun/ Acil Inun (edit)/ detik.com

Itulah tadi resep sambal raja khas Kutai, Kalimantan Timur. Indonesia yang menyukai masakan pedas memang banyak sekali variasi sambalnya. Hampir tiap-tiap daerah terdapat sambal khasnya sendiri termasuk di Kutai,Kalimantan Timur. 
Previous Post Next Post