Resep Rabeg, Makanan Sultan Banten

Makanan Khas Banten

Rabeg adalah makanan asli Banten. Bahan utamanya yaitu daging sapi atau kambing. Rasanya manis, berbentu seperti semur, cita rasa rabeg juga diperkaya dengan berbagai bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih dan lada. Campuran lainnya seperti rempah-rempah biji pala, jahe, lengkuas, cabe rawit dan kayu manis, dipercaya campuran bumbu tersebut menjadi obat untuk menghangatkan tubuh sekaligus menetralkan kandungan lemak yang ada di daging sapi maupun kambing.

Asal mula rabeg dimulai pada saat salah satu sultan Banten yaitu Sultan Maulana Hasanudin sedang menunaikan ibadah haji ke Mekkah. Singgahlah ke satu kota bernama Rabigh. Disana beliau sempat mencicipi masakan khas kota tersebut.

Keindahan dan kelezatan masakan khas Rabigh membuat sultan tidak bisa melupakannya, terutama masakan khas nya. Maka sang sultan memerintahkan juru masak istana untuk membuat masakan khas Rabigh. Karena kesulitan membuat masakan yang sama persis, maka juru masak tersebut menciptakan resep sendiri berdasarkan masakan arab yang sudah umum ada Banten. Ketika disuguhkan ternyata sultan menyukainya dan kemudian jadilah Rabeg sebagai masakan khas Banten sampai sekarang.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Rabeg, Makanan Sultan Banten

300-400 gr daging kambing (pilih daging kambing muda dan agak berlemak)
800 ml air untuk merebus daging
1 btg sereh, memarkan
4 ruas jahe, memarkan
2 lbr daun jeruk
1 btg kayu manis
2 bh kapulaga
500 ml air matang
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdt kaldu jamur
5 sdm kecap manis
secukupnya minyak, untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 ruas jahe
1/4 biji pala
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt adas

Cara Membuat Rabeg, Makanan Sultan Banten

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Rebus daging kambing dengan 800 ml air, tambahkan daun jeruk dan sereh. Rebus sampai empuk (bisa menggunakan presto bila ingin cepat empuk)
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, pala, ketumbar, adas
  4. Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan dengan ditambah kapulaga, kayu manis, dan jahe, sampai tercium aroma harumnya
  5. Kemudian masukkan daging kambing yang sudah direbus dan ditambah air matang, kecap manis, dan bumbu yang masih tersisa
  6. Masak sampai bumbu meresap, ditandai dengan air masakan menyusut
  7. Rabeg khas Banten siap dihidangkan
Resep ini dari : Atsarina Lutfiyyah/ resepkoki.id

Itulah tadi resep Rabeg, Makanan Sultan Banten yang melegenda. Namun sekarang kalian juga bisa membuatnya langsugn di rumah dan merasakan masakan kesukaan Sultan Banten. 

Jangan lupa tinggalkan komen dan share resep ini dengan cara klik icon social media dibawah ya! Selamat memasak :)
Previous Post Next Post