Resep Kebab Turki, Camilan Lezat Timur Tengah

Kebab Baba Rafi

Kebab di Indonesia sudah cukup populer. Camilan asal Turki ini memang banyak peminatnya. Terbukti dengan banyaknya franchise bertemakan kebab di Indonesia saat ini. Kebab terdiri dari kulit dan isi. Kulit tortila dengan berisi irisan daging sapi atau domba, namun ada juga yang berisi daging ayam. Dengan tambahan isi sayur seperti selada dan saus tomat serta mayones, kebab menjadi camilan yang cukup menarik untuk dinikmati. Berikut ini adalah resep Kebab Turki, Camilan dari Timur Tengah yang lezat.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kebab Turki, Camilan Lezat Timur Tengah

250 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt gula pasir
3 sdm minyak goreng
100 ml susu cair panas (secukupnya)

Bahan daging sapi isi :

1/2 kg daging sapi, iris melintang serat
2 siung bawang putih
2 cm jahe
1/2 sdt ketumbar
100 cc yoghurt plain
3 bh cabe merah
secukupnya garam
secukupnya lada

Bahan kebab :

1 lbr Tortila (roti kebab)
1 sdt butter-margarine (Royal Palmia Butter Margarine)
25 gr bawang bombay, iris tipis
25 gr selada, iris tipis
25 gr tomat, iris tipis
25 gr timun, iris tipis
50 gr irisan daging kebab
secukupnya saus tomat
secukupnya mayones

Cara Membuat Kebab Turki, Camilan Lezat Timur Tengah

  1. Roti kulit kebab : masukkan tepung terigu, garam, baking powder, dan gula pasir dalam wadah/mangkok, tuangi minyak goreng, aduk hingga berbutir-butir.
  2. Masukkan susu cair panas (panaskan pakai microwave) sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan halus licin dan kalis (jika belum kalis boleh tambah lagi susu cair, uleni hingga kalis). 
  3. Adonan yang telah dibuat ditutup dengan plastik/lap bersih dan istirahatkan selam 1/2 jam. Kemudian buat adonan menjadi 8 bulatan dengan ukuran kurang lebih 50 gram, lalu istirahatkan kembali selama 30 menit.
  4. Setelah didiamkan selama 30 menit, ambil bulatan satu persatu untuk dipipihkan dan digiling dengan rolling pin kayu hingga membentuk bulat lebar dan tipis.
  5. Adonan yang sudah dibuat tipis lalu dipanggang diatas pan dengan api kecil (sebelumnya panaskan dulu pan yang akan digunakan ,gunakan pan dadar teflon untuk memanggang). Balik tortilla bila sudah mulai menggelembung, panggang hingga matang dan terlihat ada motif bercak coklat sedikit gosong. Sisihkan dan tutup dengan lap bersih.
  6. Daging sapi yang digunakan untuk isi kebab dicuci bersih dan dipukul-pukul hingga agak melebar/ pipih.
  7. Haluskan bumbu cabai merah, bawang putih, jahe dan ketumbar.
  8. Campur daging sapi dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga rata.
  9. Beri yoghurt, garam dan lada secukupnya. Diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah bumbu meresap, panggang daging hingga matang.
  10. Kebab turki : panggang tortila sebentar saja di atas pan atau wajan yang sudah dioles butter-margarine hingga muncul bercak kecoklatan, 
  11. Tumis bawang bombay sebentar saja, hingga agak layu. letakkan tortila (adonan yang sudah dibuat sebelumnya) di atas piring, lalu tata bawang bombay, selada, timun, dan tomat di tengah tortila secara memanjang.
  12. Semprotkan saus tomat dan saus sambal secukupnya di atas sayuran. Tambahkan daging kebab di atasnya, ratakan bentuk memanjang.
  13. Semprotkan atau olesi mayones secukupnya di atas daging, lalu tortila digulung dan padatkan. 
  14. Kebab Turki siap disajikan.
Resep ini dari : Fitria Marfuatiningrum/ palmia.co.id

Itulah tadi resep kebab Turki, camilan lezat Timur Tengah. Kebab yang mulai banyak dikenal masyarakat luas dan dapat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia dapat dijadikan ladang bisnis jika kalian ingin mencoba berjualan kebab.  
Previous Post Next Post